Perjalanan KKL kami setelah melewati berbagai kegiatan di kota Jakarta kini berlanjut menuju objek wisata di daeran Bandung. Kota Kembang Bandung, begitu banyak orang menyebutnya tentu sudah tak asing lagi mengingat banyak objek wisata yang terdapat di dalamnya serta para penduduk Bandung yang juga terkenal pintar dan kreatif.  Sebutan Kota kembang untuk kota ini, karena pada jaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana . Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Nah.. objek wisata pertama yang kami kunjungi adalah Objek Wisata Tangkuban Perahu. Jalan menuju Tangkuban perahu, dikiri kanan jalan anda akan melihat hamparan hijaunya kebun teh dan juga barisan pohon-pohon pinus. Sebelumnya tak sedikitpun bayangan yang muncul d pikiranku, hingga pada akhirnya sampailah bus kami di tempat perhentian Bus/ Parkir bus karena Bus tidak diperkenankan untuk sampai puncak. Tak pernah disangka ternyata daerahnya sangat dingin tapi tak perlu khawatir berbagai perlengkapan untuk menghangatkan badan telah tersedia, banyak penjual yang menjajakan dagangannya mulai dari topi, syal, sampai baju hangat.  Masih belum tampak tanda – tanda objek wisatanya, ternyata kami masih harus menelusuri jalan tanjakan dengan menggunakan jasa mobil angkutan menuju puncak tangkuban perahu tersebut. Jalan menanjak dan berliku – liku tak kunjung membuat kami pusing ketika akhirnya sampai di puncak dan mulai menikmati keindahan objek wisata tangkuban perahu ini.

Beberapa informasi saya dapatkan terkait dengan tangkuban perahu, yaitu  Gunung Tangkuban Perahu terletak sekitar 30 km di utara Kota Bandung. Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Gunung ini menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang menarik di Jawa Barat. Lingkungan alamnya yang sejuk, dan sumber mata air panas di kaki-kaki gunungnya. Deretan kawah yang memanjang, menjadi daya tarik tersendiri. Tangkuban Perahu sebenarnya adalah gunung berapi. Dinamakan tangkuban perahu karena bentuknya yang menyerupai kapal yang terbalik. Pesona gunung Tangkuban Perahu ini begitu mengagumkan, bahkan, pada saat cuaca cerah, lekukan tanah pada dinding kawah dapat terlihat dengan jelas, sangat kontras dengan hijaunya pepohonan di sekitar gunung tersebut. Tidak hanya itu, dasar kawah pun dapat kita nikmati keindahannya yang sangat mengagumkan walaupun kadang bau belerang yang menyengat dan kabut yang kadang tiba – tiba muncul sehingga membuat udara semakin dingin dan pemandangan terlihat sedikit gelap. Terdapat juga Kuda yang bisa di sewa jika kita tidak ingin lelah jalan-jalan. Keindahan alam inilah yang menjadikan Tangkuban Perahu menjadi salah satu tempat wisata alam andalan Propinsi Jawa Barat, khususnya Bandung. Waktu menikmati keindahan puhn hamper berakhir, kami menyempatkan diri untuk mengabadikan gambar serta membeli sedikit souvenir-souvenir khas Tangkuban Perahu disana hingga tiba waktunya kembali ke bus dengan di antar kembali oleh jasa angkutan tadi cukup dengan menggunakan tiket  yang telah di siapkan travel kami saja. Puas rasanya menikmati objek wisata tangkuban perahu, ingin mendapat kesempatan lagi, namun objek wisata selanjutnya telah menanti kehadiran kami.

Serasa tanpa hambatan, perjalanan pun dilanjutkan menuju Museum Geologi Bandung. Museum ini terletak di Jl. Diponegoro No. 57 ini didirikan pada tanggal 16 Mei 1928. Tujuan utama kami berkunjung disini adalah untuk memenuhi tugas laporan KKL yang merupakan hasil observasi kami di museum geologi ini. Sekilas tidak ada yang menarik dari museum ini, mungkin akibat dari cuaca yang kurang mendukung, memang ketika kami sampai di Museum ini hujan gerimislah yang menyambut kami.

Namun, setelah melihat – lihat, dalam Museum ini, tersimpan dan dikelola materi-materi geologi yang berlimpah, seperti fosil, batuan, mineral. Kesemuanya itu dikumpulkan selama kerja lapangan di Indonesia sejak 1850. berbagai koleksi benda-benda geologi. Kurang lebih, ada 60.000 koleksi fosil, dan 250.000 koleksi batuan serta mineral. Untuk menambah daya tariknya, MGB juga memajang kerangka tiruan T-Rex (Tyranosaurus Rex) yang dibuat di Kanada tahun 1998. Reptil bertinggi lebih dari lima meter tersebut sampai kini cukup menyedot banyak pengunjung, terutama anak-anak yang tertarik pada dinosaurus. Tak terkecuali, fosil-fosil hewan maupun manusia purba yang ditemukan di tanah air juga menjadi koleksinya. “Tapi kebanyakan fosil yang terdapat di sini merupakan replika, karena fosil aslinya masih digunakan untuk bahan penelitian para ahli. Sebagai tempat belajar yang menarik, MGB menjawab segala pertanyaan seputar kegiatan bumi, berikut bahan dan sisa makhluk hidup yang tersimpan di dalamnya. Mengapa gunung meletus? Mengapa tanah longsor? Mengapa ada gempa bumi? Atau, mengapa pergeseran lapisan bumi bisa membelah jalan tol, meruntuhkan gedung-gedung, serta mengguncang daratan? Materi pengetahuan ini tentu tidak hanya berguna bagi pengetahuan anak – anak saja namun dari berbagai kalangan memang sangat perlu mengetahuinya untuk menambah pengetahuan maupun memberikan informasi kepada orang lain. Sedangkan untuk menunjukkan bahan-bahan yang dikandung bumi, MGB memamerkan berjenis-jenis batuan dan mineral yang diambil dari bumi pertiwi. Sebagian, dijual sebagai suvenir museum dalam bentuk pernak-pernik hiasan. Tak lupa juga kami mengabadikan berbagai jenis fosil, gambar, dan sejenisnya untuk bahan laporan dan juga sekedar menambah pengetahuan. Tidak hanya itu, yang lebih mengagumkan lagi, kami diajak menikmati film mengenai perputaran waktu serta perubahan yang terjadi akibat berjalannya waktu. Sangat menarik bagi anak –anak serta para peserta didik lainnya dalam memahami bumi, waktu serta unsure – unsure yang mempengaruhi perubahan bumi kita ini.

Setelah cukup lama berkecimpung di dunia pengetahuan, tiba saatnya melanjutkan perjalanan lagi menuju Cibaduyut, sembari mengisi perut dengan Lunchbox yang telah disiapkan. Tujuan terakhir di daerah bandung pun segera tiba yaitu sentra pengrajin sepatu terkenal  cibaduyut yang merupakan pusat perbelanjaan sepatu dengan lokasi memanjang, hampir disepanjang jalan cibaduyut dipenuhi toko – toko sepatu.

Hingga kami tiba di sebuah toko besar dengan nama ‘’ GRUTY’’ waah.. tidak hanya sepatu, namun berbagai jenis barang mulai dari baju, tas, sandal,dll. Betapa menyenangkannya membeli barang – barang dengan kwalitas baik dan harga terjangkau karena kami mendapatkan diskon sampai 30% di toko ini. Tak sedikit teman kami yang memborong barang – barang disini. Hingga tak terasa 2 jam telah berlalu saking enaknya menikmati habisnya uang untuk berbelanja.hohoo…

Lengkap sudah perjalanan berkeliling kota bandung yang sangat memukau, indah, mengagumkan, serta tak terlupakan tentunya.

Dari sepenggal cerita KKL – Bandung tersebut, adapun beberapa hasil pengamatan saya yang terkait dengan pembelajaran Matematika, antara lain :

a. Terkait dengan materi pengukuran, yaitu Gunung Tangkuban Perahu terletak sekitar 30 km di utara Kota Bandung dan mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter.

b. Pada Museum Geologi, banyak menggunakan angka – angka dalam pengisian dan pendataan setiap koleksi museum, seperti terdapat Kurang lebih  60.000 koleksi fosil, dan 250.000 koleksi batuan serta minera, penggunaan skala dalam pembuatan peta – peta penemuan fosil, terkait pengukuran juga dalam menentukan ukuran fosil, serta batuan – batuan mineral tersebut.

c. Begitu juga di kawasan Cibaduyut, penggunaan perhitungan dalam transaksi jual beli dengan  diskon sampai 30% di toko Gruty.

About astitirahayu

saia maHasiswa.. yang masiH daLam pRoses beLajar,, ,,tapiii,, memPunyai keinGinan kuAt unTuk biZa ,, ,tetap berusaha jaDi yg tErbaik tuK gapai miMpi.. ;,,keep smiLe,,

3 responses »

  1. mister diskon mengatakan:

    bandung mah gak ada duanya sis..🙂 mampir yah ke blog aku http://kartubandung.blogspot.com… salam blogger

  2. Staubsauger Test mengatakan:

    Hello there, just became aware of your blog through Google, and found that it’s truly informative. I’m gonna watch out for brussels. I will appreciate if you continue this in future. A lot of people will be benefited from your writing. Cheers!

SiLahkaN koMentaR di bawah iNii khawand''....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s