RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Identitas : SD….
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : 5 / 1
Alokasi waktu : 5 jp x 35 menit
Standar Kompetensi
2. Menggunakan pengukuran waktu, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
2.5. Menyelesaikan masalah sehari – hari yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan.
Indikator
- Memecahkan masalah kehidupan sehari – hari yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
- Memecahkan masalah kehidupan sehari – hari yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan.
II. Materi ajar
- Pengukuran jarak, waktu, dan kecepatan.
Uraian Materi :
Kecepatan merupakan jarak yang ditempuh per satuan waktu
Satuan kecepatan adalah km/jam, sehingga dapat diturunkan rumus kecepatan sbb.
Rumus :
v = s/t
t = s/v
s = v x t
Keterangan :
v = kecepatan (km/jam)
s = jarak (km)
t = waktu (jam)
III. Metode Pembelajaran
- Diskusi / Kooperatif
- Tanya jawab
- Ceramah
- Tugas
IV. Langkah – Langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Memberikan salam, dan mengabsen siswa.
- Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
- Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
- Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
- Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
2. Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
Secara kelompok, menyimak penjelasan cara memecahkan masalah kehidupan sehari – hari yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
B. Elaborasi
- Secara individual, menguraikan masalah kehidupan sehari – hari yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan.
- Melakukan latihan memecahkan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
- Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
- Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
- Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam memcapai kompetensi dasar sbb :
- Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
- Membantu menyelesaikan masalah.
- Memberikan acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
- Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
- Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
- Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman.
- Menyimpulkan materi tentang :
- Pengukuran jarak, waktu, dan kecepatan.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
- Bersama – sama dengan peserta didik atau sendiri membuat rangkuman pelajaran.
- Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
- Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
- Memberikan catatan.
- Memberikan PR.
- Memberikan salam penutup.
V. Alat dan Sumber
- Buku Ayo Belajar Matematika kelas 5. Burhan Mustaqim, dkk.2008.PT.Pustaka Tiga Kelana : Jakarta
- Buku Penunjang Materi Matematika, kelas 5. Mudana,dkk.2011.PT.Tri Agung : Denpasar
VI. Penilaian
- Lisan
- Tulisan (soal terlampir)
- Perbuatan (performance)
EVALUASI
- Sebuah sepeda motor menempuh perjalanan dari kota S ke kota T selama 3 jam. Jarak yang ditempuh sepeda motor tersebut 180 km. Jadi kecepatannya adalah……………. km/jam.
- Kecepatan sepeda motor Andi 80 km/jam. Ia berangkat dari kota X ke kota Z selama 2 jam. Jarak yang ditempuh Andi adalah ……… km.
- Laju sebuah kereta api 80 km/jam, jarak kota yang ditempuh 160 km. Waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak kedua kota ……….. jam.
Kunci Jawaban :
- 60 km/jam
- 160 km
- 2 jam
Amlapura, ……………
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas / Guru Mata Pelajaran
Ni Luh Putu Astiti Rahayu
lama tak nongoool. . .
eh, ternyata lagi sibuk buat RPP. 😀
BAGUUSSS.. 🙂
hmmm..
Akhirnya nemu RPP Matematika yang ini..
Siip sip..
Semoga rencananya berjalan dengan baik…
asik jadi lebih gampang ni buat tugas kuliah …. makasi gan …