RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

   Identitas                        : SD….

   Mata Pelajaran          : Matematika

   Kelas / Semester        : 5 / 1

   Alokasi waktu            : 5 jp x 35 menit

Standar Kompetensi

2.   Menggunakan pengukuran waktu, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar

2.5. Menyelesaikan masalah sehari – hari yang berkaitan dengan  waktu, jarak, dan kecepatan.

Indikator

  • Memecahkan masalah kehidupan sehari – hari yang berkaitan dengan  waktu, jarak, dan kecepatan.

I. Tujuan Pembelajaran

Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :

  • Memecahkan masalah kehidupan sehari – hari yang berkaitan dengan  waktu, jarak, dan kecepatan.

II. Materi ajar

  • Pengukuran jarak, waktu, dan kecepatan.

Uraian Materi :

Kecepatan merupakan jarak yang ditempuh per satuan waktu

Satuan kecepatan adalah km/jam, sehingga dapat diturunkan rumus kecepatan sbb.

Rumus :

v = s/t

t =  s/v

s = v x t

Keterangan :

v = kecepatan (km/jam)

s = jarak (km)

t = waktu (jam)

III. Metode Pembelajaran

  • Diskusi / Kooperatif
  • Tanya jawab
  • Ceramah
  • Tugas

 

IV. Langkah – Langkah Pembelajaran

  1. Kegiatan Pendahuluan
  • Memberikan salam, dan mengabsen siswa.
  • Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
  • Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
  • Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari

2. Kegiatan Inti

A.    Eksplorasi

Secara kelompok, menyimak penjelasan cara memecahkan masalah kehidupan sehari – hari yang berkaitan dengan  waktu, jarak, dan kecepatan

B.     Elaborasi

  • Secara individual, menguraikan masalah kehidupan sehari – hari yang berkaitan dengan  waktu, jarak, dan kecepatan.
  • Melakukan latihan memecahkan masalah yang berkaitan dengan  waktu, jarak, dan kecepatan.

C.      Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru :

  • Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
  • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
  • Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam memcapai kompetensi dasar sbb :
  1. Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
  2. Membantu menyelesaikan masalah.
  3. Memberikan acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
  4. Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
  5. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
  • Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman.
  • Menyimpulkan materi tentang :
  1. Pengukuran jarak, waktu, dan kecepatan.

3. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru :

  • Bersama – sama dengan peserta didik atau sendiri membuat rangkuman pelajaran.
  • Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
  • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan memberikan  tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
  • Memberikan catatan.
  • Memberikan PR.
  • Memberikan salam penutup.

V. Alat dan Sumber

  • Buku Ayo Belajar Matematika kelas 5. Burhan Mustaqim, dkk.2008.PT.Pustaka Tiga Kelana : Jakarta
  • Buku Penunjang Materi Matematika, kelas 5. Mudana,dkk.2011.PT.Tri Agung : Denpasar

VI. Penilaian

  • Lisan
  • Tulisan (soal terlampir)
  • Perbuatan (performance)

EVALUASI

  1. Sebuah sepeda motor menempuh perjalanan dari kota S ke kota T selama 3 jam. Jarak yang ditempuh sepeda motor tersebut 180 km. Jadi kecepatannya adalah……………. km/jam.
  2. Kecepatan sepeda motor Andi 80 km/jam. Ia berangkat dari kota X ke kota Z selama 2 jam. Jarak yang ditempuh Andi adalah ……… km.
  3. Laju sebuah kereta api 80 km/jam, jarak kota yang ditempuh 160 km. Waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak kedua kota ……….. jam.

Kunci Jawaban :

  1. 60 km/jam
  2. 160 km
  3. 2 jam

 

Amlapura, ……………

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                              Guru Kelas / Guru Mata Pelajaran

Ni Luh Putu Astiti Rahayu

About astitirahayu

saia maHasiswa.. yang masiH daLam pRoses beLajar,, ,,tapiii,, memPunyai keinGinan kuAt unTuk biZa ,, ,tetap berusaha jaDi yg tErbaik tuK gapai miMpi.. ;,,keep smiLe,,

5 responses »

  1. Idah Ceris mengatakan:

    lama tak nongoool. . .
    eh, ternyata lagi sibuk buat RPP.😀

  2. Mahfudcs mengatakan:

    hmmm..
    Akhirnya nemu RPP Matematika yang ini..
    Siip sip..

  3. Randeezt mengatakan:

    Semoga rencananya berjalan dengan baik…

  4. asik jadi lebih gampang ni buat tugas kuliah …. makasi gan …

SiLahkaN koMentaR di bawah iNii khawand''....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s